Rabu, 24 April 2013

Kriteria penggunaan Media Pendidikan

KRITERIA PENGGUNAAN MEDIA PENDIDIKAN
Oleh: Reni Astuti
A.    Latar Belakang
Pada dasarnya media pendidikan merupakan sarana komunikasi dalam proses belajar mengajar yang berupa perangkat keras maupun lunak untuk mencapai proses dan hasil intraksional yang efektif dan efisien serta tujuan intraksional dapat dicapai dengan mudah. Oleh karena itu media pendidikan harus dibuat sebaik mungkin agar dapat menarik peserta didik dalam memahami sesuatu.
Dewasa ini banyak sekali berkembang media pendidikan, baik yang berupa perangkat lunak maupun keras. Maka dari itu diperlukan filter atau penyaringan media tersebut agar sesuai yang dibutuhkan oleh peserta didik dan pendidik. Keduanya harus selektif dalam memilih media pendidikan agar dapat digunakan secara efisien dan mudah.
Pendidik harus memiliki pandangan luas dalam memilih media yang tepat untuk digunakan, karena hal itu menentukan keberhasilan pembelajaran pada waktu itu. Pendidik juga harus memperhatikan kondisi peserta didik dalam memilih media tersebut, agar peserta didik tidak merasa diberatkan dengan media yang dipakai. Disamping itu pendidik juga harus memperhatikan kondisi dari proses pembelajaran yang sedang berlangsung, karena media yang digunakan akan sangat berpengaruh bagi kelangsungan kegiatan pembelajaran tersebut.