KRITERIA PENGGUNAAN MEDIA PENDIDIKAN
Oleh:
Reni Astuti
A.
Latar
Belakang
Pada
dasarnya media pendidikan merupakan sarana komunikasi dalam proses belajar
mengajar yang berupa perangkat keras maupun lunak untuk mencapai proses dan
hasil intraksional yang efektif dan efisien serta tujuan intraksional dapat
dicapai dengan mudah. Oleh karena itu media pendidikan harus dibuat sebaik
mungkin agar dapat menarik peserta didik dalam memahami sesuatu.
Dewasa ini
banyak sekali berkembang media pendidikan, baik yang berupa perangkat lunak
maupun keras. Maka dari itu diperlukan filter atau penyaringan media tersebut
agar sesuai yang dibutuhkan oleh peserta didik dan pendidik. Keduanya harus
selektif dalam memilih media pendidikan agar dapat digunakan secara efisien dan
mudah.
Pendidik
harus memiliki pandangan luas dalam memilih media yang tepat untuk digunakan,
karena hal itu menentukan keberhasilan pembelajaran pada waktu itu. Pendidik
juga harus memperhatikan kondisi peserta didik dalam memilih media tersebut,
agar peserta didik tidak merasa diberatkan dengan media yang dipakai. Disamping
itu pendidik juga harus memperhatikan kondisi dari proses pembelajaran yang
sedang berlangsung, karena media yang digunakan akan sangat berpengaruh bagi
kelangsungan kegiatan pembelajaran tersebut.